Resume ke : 10
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Pak Agus Subardana
Gelombang : 19
Moderator : Ibu Aam Nurhasanah
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.
Wabah corona yang menyebar di luar negeri dan dalam negeri memberi dampak kepada banyak aspek kehidupan, salah satunya pemasaran buku. Penjualan buku terus menurun. Berkurangnya minat pembeli datang ke toko buku disertai menurunnya jumlah penerbit karena tidak bisa bertahan di masa pandemi.
Penerbit buku yang mampu bertahan ternyata terus melakukan upaya perbaikan dalam hal pemasaran. Pemasaran dilakukan kebanyakan secara online dan langkah offline juga sebagian masih ditempuh. Selain melalui website dan market place untuk menghadirkan penawaran dan ketersediaan buku dipasaran saat dibutuhkan. Penerbit juga berkomunikasi pemasaran buku melalui komunitas. Menawarkan melalui organisasi menjadi trik tersendiri, dengan memberi potongan harga yang menarik.
Penerbit Andi juga giat mengadakan pelatihan Webinar dalam rangka memberi layanan yang memuaskan, berusaha terdepan dan melayani konsumen. contohnya pilihan strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini pihaknya dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang terus dijalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Begitu banyak strategi yang dijalankan oleh penerbit buku mayor, semoga kita bisa ikut berpartisipasi menerbitkan buku melalui penerbit mayor, karena pemasaran oleh penerbit mayor sangat bisa diunggulkan. Harapan untuk memiliki buku best Seller semain terbuka, mari lanjutkan menulis dengan karya terbaik kita.
Mantap tulisannya
BalasHapusAyo terbit kan bukumu dan mulailah melakukan strategi jitu agar bukumu laku.
BalasHapusTulisan bagus dan padat
BalasHapusStrategi pemasaran yang di paparkan sangat menawan,
BalasHapusSemoga tulisan segera menjadi buku yang di cetak oleh penerbit idaman
Semakin berisi. Sepertinya siap dibungkus. Semangat terus, pak. Mahkota menanti.
BalasHapusSalam Hormat, Maaf pak saya anggota baru mohon bimbingan dan tegur sapanya semoga saya juga bisa menulis seperti Bapak
BalasHapus